11 January 2007

Perbedaan Gateway dan Router

Seperti biasanya, kebanyakan blog yang saya tulis adalah berdasarkan pertanyaan dari teman ataupun pertanyaan di milist yang saya coba beri solusi, memang sih..hal-hal yang simple.Tapi semoga saja bermanfaat bagi yang baru mulai ingin menekuni dunia networking.
Seorang teman yang PKL di kantor s kebingungan ketika saya sedang menjelaskan tentang Network design di kantor, untuk device yang sama kadang saya sebut router kadang gateway.Akhirnya munculah pertanyaan sebenere router dan gateway itu bedanya dimana..ataukah sama saja?

Saya akan coba berikan jawaban yang sederhana, tapi bukan berarti menghilangkan jawaban yang sebenarnya hehehe...bingung ga? lanjut?..ok deh..
Untuk melihat dengan jelas bedanya saya coba merujuk ke model Referensi-OSI
Sedangkan OSI (Open System Interconnection) merupakan model jaringan deskriptif sebagai standar ISO untuk memastikan Kompatibilitas dan interoperabilitas yang lebih baik dari berbagai macam teknologi jaringan yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan di dunia.
Terdiri dari 7 layer dan disusun sedemikian rupa sehingga perubahan pada satu layer tidak membutuhkan perubahan pada layer yang lain.

Berikut ini adalah ke 7 layer tersebut bersama komponen networknya:
1.Layer Physical : Hub, repeater, multiplexer, Amplifier, Oscilloscop dll
2.Layer Datalink :Switch, bridge , NIC, Intelligent Hub, ISDN Router, Advance cable tester dll
3.Layer Netwok : Router, ATM Switch, Frame Relay device, advance cable tester, brouter dll
4.Layer Transport : Gateway, advance cable tester , brouter
5.Layer Session : Gateway
6.Layer presentation : gateway, redirector
7.Layer Application :Gateway

Jadi jelas kan bedanya?kalo ga salah salah satu soal CCNA ada lho yang menanyakan hal kaya gini, misal peralatan yang berada di layer 4 OSI apa...:D



2 Komentar:

Anonymous said...

Wah.. 2x aku gak mudeng soal network :D
Tapi sepertinya menarik. Semoga bisa bermanfaat buat yg lain. Salam kenal

Anonymous said...

Wah, ternyata ini adminnya Cafe69-Net ya? hehehe.. aku kadang-kadang main kesana lhoo..

Kapan-kapan aku belajar network ya mas..