10 June 2006

SudaH pAda Tau BloN?

Eh......Sudah pada tau blon sich rencana pemerintah yang akan menarik Kompor Minyak tanah di masyarakat dan melakukan substitusi dengan gas elpiji? Wah.....Kebijakan yang aku pikir Cukup Kontroversial......dimana sebuah kebijakan yang melibatkan publik sebagai objectnya.......sedangkan banyak industri kecil maupun home industri yang menggantungkan pendapatannya sebagai perajin kompor minyak tanah, yang semula sangat diberikan support oleh pemerintah agar maju dan berkembang..bahkan sampai ke tahap ekspor.

Bukan itu saja.......belum siapnya infrastruktur pertamina tentang pendistribusian secara massal elpiji......dan belum ketersediannya kemasan kemasan yang kecil yang sesuai dengan daya beli masyarakat akan menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Memang sich......kalo dihitung-hitung pemanfaatan gas elpiji ini bisa dikatakan lebih murah dibandingkan minyak tanah........karena untuk 1 gram elpiji bisa setara 3-4 liter Minyak tanah. Meskipun harga kompor elpiji yang ada di pasaran sekarang ini bisa dikatakan masih relatif mahal.

Yach......sebuah kebijakan yang terasa sangat dipaksakan........apalagi jika hal ini cuman didasari harga Minyak dunia yang naik.....dimana kenaikan ini melebihi APBD yang dianggarkan......wah wah.....macam mana pula ini.

Yang jelas menurut saya perlu dikaji kembali kebijakan ini.......Terutama implementasinya........kasihlah tenggang waktu mungkin berjangka.....jangan bilang 2007 semua kompor di masyarakat di tarik gitu aja dong......Apalagi Cita2 luhurku ceile..hihihi......Oiya BTW sebenernya topik tugas akhirku itu intinya adalah mencari dan membuktikan parameter apa saja yang akan bisa meningkatkan effisiensi kompor minyak tanah sehingga diharapkan akan muncul sebuah desain yang optimal, dan memberikan pengetahuan umum kepada masayarakat point seperti apakah jika mereka ingin mendapatkan atau membeli kompor minyak tanah yang tepat, seuai dengan kebutuhan.

Yach.....gimana nih......Tugas Akhir sudah diujung tanduk seminar......eh ada ergulasi seperti ini.....bukan apa2 sih dan ga akan mempengaruhi Tugas Akhirku......cuman.....sangat merasa sayang.kalo penelitianku ini ga bisa berguna untuk masyarakat......padahal kupilih topik ini agar paling tisak sedikit banyak aku bisa memberikan sumbangsih kepada masyarakat.meskipun itu hanya sebuah pengetahuan dan tulisan.

Ya sudahlah.......Kalo dengan kebijakan ini bisa menjadikan Indonesia semakin maju dan berkembang.....alangkah baiknya dilaksanakan.....ya bolehlah di pake embel-embel "penghematan & efisiensi BBM" cuman bagaimana Implementasinya saja yang perlu dikaji kembali.

0 Komentar: